I. Pengertian Perusahaan
Adalahsuatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan aktivitas pengolahanfaktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat,mendistribusi serta melakukan uapaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungandan memuaskan kebutuhan masyarakat. Atau suatu unit kegiatan ekonomi yang diorganisasikan dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untukmenggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untukmenyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yangmenguntungkan.
II.Tempat dan Kedudukan Perusahaan
Pemilihantempat dan letak perusahaan, factor penting untuk menjamin tercapainya:
- Tujuan perusahaan
- Efisiensi perusahaan
- Daerah pemasaran produk
- Pindah tempat : tidak ekonomis dan peraturan pemerintah
2.1.Tempat Kedudukan Perusahaan
Adalahkantor pusat perusahaan tersebut yang dipengaruhi oleh faktor kelancaranhubungan dengan lembaga lainnya.
2.2. Letak Prusahaan
Adalahtempat perusahaan melakukan kegiatan fisik atau pabrik dipengaruhi oleh factorekonomi, untuk efisiensi yang berkaitan dengan biaya.
Adalahtempat perusahaan melakukan kegiatan fisik atau pabrik dipengaruhi oleh factorekonomi, untuk efisiensi yang berkaitan dengan biaya.
2.3.Jenis-Jenis Letak Perusahaan
Dibedakan menjadi 4, yaitu :
- Terikat pada alam
Pada umumnya karena tersediaan dankemudahan bahan baku.
Contoh : Perusahaan timah, emas,minyak bumi.
- Terikat sejarah
Perusahaan menjalankan aktivitasnyadi suatu daerah tertentu karena hanya dapat di jelaskan berdasarkansejarah.
Contoh : Perusahaan batik,pekalongan.
- Ditetapkan oleh pemerintah
Perusahaan yang didirikan atas dasar pertimbangan, keamanan,politik dan kesehatan.
Contoh : Perusahaan kimia, limbah dampaknya dapat ditekanserendah mungkin.
- Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Yang bersifat industri adalah : ketersediaan bahan mentah,tenaga air, tenaga kerja, modal, transportasi, kedekatan dengan pasar, dankesesuaian iklim.
III. Perusahaan dan Lembaga Sosial
Perusahaanadalah suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagimasyarakat jadi bukan untuk mencapai keuntungan maximal tapi juga mempunyaitujuan membuka kesempatan kerja, pertimbangan politik dan upaya pengabdiankepada masyarakat.
3.1.Tujuan Pendirian Perusahaan
Dibadakan menjadi 2, yaitu :
- Tujuan ekonomis
Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankaneksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen,tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
- Tujuan social
Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan,penyedia, factor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuanutama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupunpelanggan.
3.2.Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
Systemadalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi baik secaralangsung maupun tidak langsungdalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaanadalah suatu system karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomiyang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi sertadistribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan,pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun tanggung jawab social.
Kepadapemilik modal => pengelolaan keuangan dan kemajuan perusahaan.
Kepadalembaga peneliti => membantu pendanaan.
Kepadapekerja => membayar gaji dan memenuhi fasilitas kerja.
Kepadakonsumen => menyediakan B&J yang bagus.
Kepadapemerintah => membayar pajak.
3.3.Sifat Sistem Perusahaan
Adabeberapa sifat :
- Kompleks
- Sebagai suatu kesatuan / unit.
- Sifatnya beragam.
- Saling tergantung.
- Dinamis
3.4.Fungsi-fungsi Perusahaan
Ada2 fungsi perusahaan apabila kedua fungsi tersebut dijalankan dengan lancer,terkoordinir, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
- Fungsi operasi
Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia,fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi,transformasidan komunikasi, pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.
- Fungsi manajemen
Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.
Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akanmenjalankan operasinya dengan lancer, terkoordinasi, terintegrasidalam rangkamencapai tujuan.
3.5.Ciri-ciri Perusahaan
Mencerminkankekhasan yang membuat perusahaan bersangkutan mudah dikendali.
Cirriumumnya :
- Operatif
Adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatanproduksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.
- Koordinatif
Diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satusama lain untuk mencapai tujuan.
- Regular
Untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukanketeraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.
- Dinamis
Lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikutidan menyesuaikan diri terhadap perubahan.
- Formal
Tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhipersyaratan pendirian,
- Lokasi
Perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatukawasan yang secara geografis jelas.
- Pelayanan Bersyarat
Keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misidalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
LingkunganPerusahaan
Keseluruhandari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupunkegiatannya.
Padadasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :
1. Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidaklangsung terhadap kegiatan perusaan.
Lingkunganeksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
A) Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidaklangsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
- Keadaan alam => SDA, lingkungan.
- Politik dan hankam => kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada => menciptakan.
- Hukum
- Perekonomian
- Pendidikan dan kebudayaan
- Social dan budaya
- Kependudukan
- Hubungan internasional.
B) Lingkungan eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadapkegiatan usaha.
Contoh :
- Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
- Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
- Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
- Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
2. Lingkungan Internal
Adalah factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi danlangsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
- Tenaga kerja
- Peralatan dan mesin
- Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
- Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
- System informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar